Kriteria Supplier Yang Baik


KRITERIA SUPPLIER YANG BAIK


Sering kali kita tidak mampu melakukan semuanya. Menyadari akan hal ini, agar proses produksi dapat tetap berjalan, maka banyak pebisnis kemudian memilih untuk menjalin hubungan kerjasama dengan supplier bisnis untuk mendapatkan bahan baku produksi.
Di sini keberadaan supplier bisnis amat sangat berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis yang sedang kita jalankan.
Perlu kita  ketahui bahwa untuk menjalin hubungan kerjasama dengan supplier bisnis Anda harus cermat dan tepat. Karena tidak sedikit supplier atau pemasok yang asal – asalan dalam mensupplai kebutuhan produksi. Untuk itu sebaiknya sebelum menentukan menjalin kerjasama, ada baiknya jika Anda memperhatikan beberapa faktor berikut agar bisa menjamin kelangsungan bisnis yang Anda kelola.


1.   Faktor Kualitas

Tidak bisa tidak, kualitas harus Anda jadikan patokan pertama kali dalam memilih supplier bisnis. Kualitas merupakan syarat mutlak yang tidak bisa ditawar lagi, sebab jika kualitas produk mereka buruk maka sudah tentu produk yang akan Anda hasilkan pun juga demikian. Perhatikan dengan teliti, jangan mudah tergiur dengan harga atau biaya yang murah dalam menentukan pemasok bisnis Anda.
Meskipun sedikit mahal, namun memiliki kualitas yang terjamin maka sebaiknya Anda memilih supplier yang memiliki kualitas yang bagus. Kualitas pemasok berbanding lurus dengan produk yang akan Anda hasilkan.
Sebaiknya Anda melakukan cek secara langsung dengan mendatangi dan melihat ke lokasi produksi mereka. Perhatikan dengan seksama kualitas produk mereka, apakah benar – benar sudah memenuhi kriteria standar Anda apa belum.

2.   Faktor Kuantitas

Setelah Anda memperoleh informasi tentang kualitas, berikutnya adalah mengenai kuantitas supplier tersebut. Seberapa besar mereka sanggup melayani kebutuhan yang Anda inginkan. Sering terjadi banyak supplier mengaku sanggup menyelesaikan permintaan yang dipesankan, namun pada kenyataannya mereka tidak mampu menyelesaikannya dengan tuntas.
Kemampuan supplier tentu berbeda – beda dalam memproduksi produk mereka. Pilihlah supplier bisnis yang mampu menyelesaikan pesanan Anda dengan ketepatan waktu yang bisa dipertanggung jawabkan.
Jika Anda sedikit ragu, Anda bisa memberikan sedikit tes kecil dengan memesan beberapa produk dalam waktu yang mendadak. Sekedar untuk mengetahui seberapa besar kapasitas dan kemampuan mereka dalam melayani permintaan Anda. Jika beberapa pesanan dari Anda tersebut membuat mereka kuwalahan, maka supplier tersebut sebaiknya tidak Anda pilih.
3.   Faktor Konsistensi

Konsistensi dalam memberikan suplai pada bisnis Anda sangat penting, Anda harus bisa memastikan supplier memiliki kemampuan untuk selalu memberikan suplai pada bisnis Anda. Jangan sampai di tengah jalan supplier bisnis tersebut tidak mampu mengirimkan bahan baku yang Anda butuhkan.
Keadaan ini akan langsung berakibat pada perjalanan bisnis Anda, yang tentu akan tersendat. Ketika hal ini terjadi, ganti rugi dari supplier tidak berarti apa – apa karena terhambatnya produksi bisnis Anda akan membuat kredibilitas bisnis yang Anda bangun hancur di mata konsumen.
Agar hal ini tidak sampai terjadi, perhitungkan dengan cermat hal – hal yang bisa mempengaruhi konsistensi supplier bisnis seperti jarak, sarana dan prasarana yang dimiliki supplier, dan juga jumlah tenaga kerja yang mereka miliki. Selain hal itu, track record dari supplier sendiri juga harus Anda pelajari dengan seksama.
Sebelum menjalin kerjasama, carilah informasi sebanyak – banyaknya tentang calon supplier Anda tersebut. Tanyakan pada rekan Anda, akan lebih baik jika ada rekomendasi dari orang yang kompeten dalam memilih supplier bisnis.
4.   Faktor Harga

Harga adalah faktor pertimbangan terakhir untuk menentukan menjalin kerjasama dengan supplier. Perhatikan masalah harga, meskipun bukan yang pertama, namun harga harus menjadi pertimbangan utama dalam mengambil keputusan.
Meskipun mungkin ada supplier bisnis yang memiliki kualitas bagus, kemampuan yang mumpuni dan konsisten, namun harga yang ditawarkan terlalu tinggi sehingga membuat perusahaan tidak sehat, maka sebaiknya jangan diambil.
Perlu Anda ketahui juga, bahwa supplier bisnis seharusnya nya seperti Anda juga, mereka adalah pengusaha yang sedang menjalankan bisnis untuk mendapatkan keuntungan. Jadi untuk masalah harga, biasanya tidak tetap atau sering berubah karena memang kondisi pasar yang sangat dinamis. Untuk pengusaha pemula sebaiknya pilih supplier yang menawarkan biaya tidak mahal namun juga jangan terlalu murah, dan yang utama memiliki kualitas yang bisa bersaing.








(Supplier Seafood)
Latest
Previous
Next Post »
0 Komentar